Berbahasa Jawa Salah Satu Budaya Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan pelestarian budaya perlu dikenalkan kebudayaan ini kepada generasi muda penerus bangsa. Untuk mengawali hal tersebut, Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Repiblik Indonesia Kecamatan Pakem mengadakan berbagai lomba, diantanranya “sesorah”. Tema yang diangkat dalam lomba tersebut adalah “Pembinaan Generasi Muda Dalam Mengsi Kemerdekaan Menuju Indonesia Emas”

Menurut Pendapat Bapak Sajiyono selaku Ketua Paguyuban Pakem Budaya bahwa dengan Lomba Sesorah ini diharapkan minat guru dan murid terhadap kelestarian budaya untuk menjaga keistimewaan Yogyakarta melalui berbahasa jawa akan lebih diperhatikan. Diharapkan guru bisa lebih meningkatkan pengetahuan berbahasa jawa yang baik dan benar untuk diajarkan kepada anak didiknya.

Lomba sesorah tersebut diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari siswa SLTP 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, dari siswa SLTA 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.

Adapum kriteria penilaian lomba adalah sebagai berikut :

  1. Wiraga, penampilan dan busana (dengan busana kejawen jangkep gagrag Ngayojan)
  2. Wirasa, Isi dan perasaan dalam penyampaian
  3. Wicara, Kelancaran dalam berpidato
  4. Wirama, Kesesuaian

Dengan berjalannya lomba ini diharapkan agar tahun-tahun mendatang kebudayaan bangsa Indonesia lebih-lebih Budaya Yogyakarta akan dapat lestari.

Tags:

Leave a Reply