LABU KUNING JADI CORO BIKANG

Labu kuning merupakan bahan yang mudah untuk didapat di kebun yang bisa dikatakan tidak ada harganya. Dengan adanya lomba masak berbahan labu kuning ini akan meningkatkan harga jual labu tersebut, serta meningkatkan kreatifitas ibu-ibu dalam mengolah labu. Dari labu yang dianggap tidak berharga akan menjadi mahal jika sudah diolah menjadi makanan yang menarik.

Juri lomba mengatakan bahwa labu kuning sangat sulit untuk dimasak sebagai olahan kering. Sehingga peserta perlu untuk mencari formula yang tepat agar bisa menciptakan olahan kering, yang tepat adalah untuk keripik.

Dalam pengemasannya, juri menyampaikan bahwa memberikan unsur cantik dalam kemasan sebaiknya menggunakan bahan langsung dari tumbuhan itu sendiri, misalnya untuk pita bisa pakai daun pandan, untuk bunga bisa pakai cabai atau wortel dan lain-lain.

Lomba masak diikuti oleh semua Padukuhan yang ada di wilayah Kecamatan Pakem yang terdiri dari :

  1. Desa Hargobinangun 24 peserta
  2. Desa Pakembinangun 20 peserta
  3. Desa Harjobinangun 24 peserta
  4. Desa Candibinangun 20 peserta
  5. Desa Purwobinangun 32 peserta

Dari lomba yang diadakan di masing-masing desa dikirimkan satu peserta juara satu dari lomba masak olahan basah dan olahan kering. Pemenang lomba dari desa dilombakan di tingkat kecamatan.

Dari hasil; lomba di tingkat Kecamatan Pakem akan dikirimkan untuk mengikuti lomba di tingkat Kabupaten Sleman.

Adapun hasil pemenang lomba adalah sebagai berikut :

 

Tags:

Leave a Reply