Musrenbang Kecamatan Pakem

Mengawali pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten di Kecamatan untuk perencanaan Tahun 2020, dengan tema ”Memantapkan Potensi Ekonomi Lokal Daerah Menuju Kemandirian Dan Kesejahteraan Masyarakat Sleman Yang Berbudaya”,  dengan Prioritas Kegiatan mengacu pada tematik yaitu Penurunan Kemiskinan ; Peningkatan Daya Saing; dan penanggulangan Ketimpangan Antar Sektor Dan Wilayah.

Kecamatan Pakem menempati urutan pertama pasca pembukaan Musrenbang Kabupaten  pada Senin, 28 Jauari 2019. Musrenbang RKPD di Kecamatan Pakem dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Januari 2019 dengan menghadirkan nara sumber dari APBD Kabupaten Sleman dan dihadiri oleh Instansi Kecamatan Pakem, Muspika, Perangkat Desa, Lembaga/Organisasi Tingkat Kecamatan dan Desa (LPMD, BPD, PKK, Karang Taruna, PPDI, Forkom UKM, Forum anak Kecamatan Pakem, Gapoktan).

Tujuan Pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah membahas dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan Tahun 2020 baik kegiatan fisik dan non fisik baik dari dana APBD Kabupaten, APBD DIY, APBN maupun DANAIS (Dana Keistimewaan).

Kecamatan Pakem Tahun 2020 mendapat alokasi melalui PUPM (Pagu Usulan Partisipatif Masyarakat) sebesar Rp. 2.630.750.000,- yang menghasilkan kesepakatan untuk kegiatan fisik sebesar Rp. 1.918.986.500,- berupa peningkatan Infrastruktur (73%) dan non fisik sebesar Rp. 711.763.500,- (23%) meliputi berbagai pelatihan baik di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, idustri kecil maupun kelompok perempuan dan anak. Peserta pelatihan diarahkan untuk mengakomodir keluarga miskin sebesar 20% dari total peserta pelatihan, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati  Sleman Nomor 16.6/Kep.KDH/A/2018 tentang Keluarga Miskin dan Keluarga Rentan Miskin Tahun 2018.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Musrenbang RKPD, dapat mengakomodir kebutuhan pembangunan di masyarakat wilayah Kecamatan Pakem  Tahun 2020.

Tags:

Leave a Reply