SEHAT TANPA ASAP ROKOK

Berdasarkan hasil pemantauan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) tatanan Rumah tangga Puskesmas Pakem tahun 2018, sebanyak 50,3% keluarga tidak ber-PHBS, diantaranya disebabkan oleh perilaku merokok di dalam rumah, yaitu 60,3%.

Perilaku merokok merupakan salah satu perilaku yang dapat merugikan bagi kesehatan, terutama paparan asap rokok bagi perokok pasif. Untuk itu perlu adanya upaya untuk melindungi masyarakat dari paparan zat berbahaya tersebut, terutama bagi wanita, anak-anak dan lansia.

Puskesmas Pakem sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, melakukan berbagai upaya untuk mengajak masyarakat untuk lebih sadar kesehatan, salah satunya dengan melakukan pembinaan Dusun Bebas Asap Rokok. Program dusun bebas asap bukan berarti melarang masyarakat untuk merokok, akan tetapi mengatur perilaku merokok agar lebih santun, yaitu merokok tidak di sembarang  tempat. Mengingat bahaya akan bahan-bahan yang terkandung dalam asap rokok, tidak hanya asap utama, tetapi asap samping dan residu yang masih menempel dan tertinggal pada barang-barang yang ada di sekitarnya.

Padukuhan Jetisan Desa Hargobinangun  sebagai salah satu dari beberapa dusun rintisan Dusun Bebas Asap Rokok, telah dibina sejak bulan Februari 2019. Hasilnya, masyarakat di padukuhan tersebut telah bersepakat untuk tidak merokok di dalam rumah, dan juga pada saat pertemuan warga.

Kegiatan Dusun Bebas Asap Rokok tersebut mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kecamatan Pakem. Untuk lebih menguatkan kesepakatan tersebut, maka dilakukanlah Deklarasi Komitmen masyarakat Dusun Jetisan yang diwakili oleh tokoh-tokoh masyarakat, dan unsur pemuda dari Dusun tersebut. Deklarasi yang dilaksanakan pada puncak  peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tahun 2019 tanggal 13 September 2019 itu disaksikan oleh Camat Pakem, Jajaran Muspika dan seluruh masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Dengan adanya deklarasi tersebut, diharapkan dapat menjadi contoh bagi padukuhan lain wilayah Kecamatan Pakem, dan dapat mendorong percepatan penerapan Peraturan Bupati Sleman Nomor 42 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok, terutama pada institusi tempat umum dan intsitusi lainnya.

Tags:

Leave a Reply