KIM Sebagai Penangkal Berita Hoaks

Forum Kelompok Informasi Masyarakat Sembada pada Sabtu (13/2/2021) mengadakan rapat koordinasi di Balai Kalurahan Pakembinangun, Pakem. Dalam acara tersebut KIM Ceria Pakem menghadirkan Panewu, Polsek, Koramil, dan seluruh anggota KIM Ceria. Sukamto sebagai Ketua KIM berharap agar KIM dapat memotivasi, mengispirasi, dan mengimplementasikan di masyarakat sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah.

“Kelompok Informasi Masyarakat diharapkan dapat mengedukasi masyarakat menjadi lebih cerdas dalam mengkonsumsi informasi, bijak bermedia sosial, dan bisa menjadi agen penangkal berita hoaks,” harap Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Noor Hidayati Pramulani dalam sambutannya.

Wanita yang akrab disapa Ida ini juga menyampaikan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berfungsi sebagai mitra penyebaran informasi yang bermanfaat bagi masyarakat sekaligus media partisipasi masyarakat terhadap kebijakan pemerintah.
“Informasi yang disajikan oleh KIM harus mencakup 3E + 1 N, yakni Education (mendidik), Empowering (Memberdayakan), dan Enlighting (mencerahkan) serta Nasionalisme. Berita yang disampaikan harus bisa mendidik, memberdayakan dan mencerahkan publik, mengajak warga masyarakat untuk memelihara rasa nasionalisme,” imbuhnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*